29/03/11

Sedikit renungan hidup

Bersyukurlah pasti Allah akan menambahkan nikmatNya kepadamu,
bersabarlah pasti Dia akan meringankan beban2 penderitaanmu,
bertawakallah kepadaNya pasti Dia akan menolongmu.

Jika menghadapi suatu masalah maka berdoalah dengan sungguh2, berusahalah untuk mencari penyelesaian masalah itu sesuai dengan aturan Allah dan RasulNya, pasti ada kemudahan2 dalam menyelesaikannya. Yakinlah kepada janji Allah masalah itu sudah disesuaikan dengan kemampuan kita, tinggal sabar melalui cara Allah

Berat ringannya atau sulit mudahnya suatu masalah tidak tergantung kepada besar kecilnya masalah tapi tergantung kepada besar kecilnya jiwa dan hati kita dalam menghadapi masalah2 tersebut.
Betapa banyak masalah2 kecil yang menimpa seseorang tapi karena jiwanya kerdil dan hatinya sempit maka masalah tersebut menjadi berat dan sulit baginya.
Namun sebaliknya ada orang yang ditimpa masalah2 besar tapi karena dia berjiwa besar & berhati lapang maka masalah2 tersebut terasa ringan dan mudah baginya.




Tiada masalah yang sulit dan tiada , jika kita tetap semangat dan yakin pada Allah, pasti Allah selalu memberikan kemudahan dan jalan keluar dari semua masalah hidup kita

Kebahagiaan dan kesusahan hidup yang hakiki itu terpusat pada hati dan prasangkamu, bukan sempit/lapang riskimu, fasilitas2 duniamu/apapun yang dianggap menyenangkan keinginanmu. Orang yang sudah benar2 beriman dan bertakwa tidak akan ada kekhawatiran dan kesedihan hati bahkan  berbahagia walau keadaannya sempit

Jika kita telah ikhlas kepada takdir Allah yang ditetapkanNya kepada kita, maka kita akan menerima semua itu dengan lapang dada, seberat dan sesulit apapun masalah2 tersebut.
Dengan demikian hatipun akan tenang dan tenteram, inilah yang akan membuat kita menjadi kuat dan akhirnya masalah2 itu akan menjadi ringan dan mudah untuk kita hadapi.



Tiada yang dapat membantu meringankan beban atau menambah kebahagian hidup kecuali menerima serta mengembalikannya kepada Allah. Setiap kekurangan Innaalillahi wa innaa ilahi raajiun, setiap kelebihan Alhamdulillah, inti dua ucapan itu menerima dan mengembalikan pada Allah itulah dasar sabar dan syukur padaNya

Jika saat ini kamu ditimpa masalah yang sangat pelik sehingga kamu merasa tak mampu mengatasinya maka yakinlah bahwa kamu bisa menghadapi semua itu karena Allah tak pernah membebani hambaNya melebihi kesanggupannya, perbanyaklah membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqarah dan renungkanlah maknanya, pasti hatimu akan tenang

Hidup ini penuh dengan ujian dan tantangan, setiap orang memiliki ujiannya masing2. ada yang diuji lewat harta, anak, suami/isteri, ilmu, jabatan, pekerjaan, kesehatan dll.
Dengan ujian2 tersebut Allah ingin mengetahui apakah kita layak disebut hambaNya yang tetap beriman dan beribadah kepadanya.



Orang berjiwa besar selalu tenang dan sabar dalam menghadapi setiap masalah, dia yakin bahwa dia lebih besar dari masalah2 tersebut. Sehingga masalah2 besar akan menjadi kecil baginya dan dengan mudah dapat diselesaikannya.



Karenanya, berjiwa besarlah selalu hai saudaraku, pasti seluruh masalahmu akan terasa mudah dan selalu ada jalan keluarnya.


Semoga bermanfaat :) Amien

 
copas : SMS Tausiyah